Home » » Berapa Usia Perkawinan Paling Rawan Cerai?

Berapa Usia Perkawinan Paling Rawan Cerai?

Written By TIARA NET on Sabtu, 19 Januari 2013 | 03.22

PERCERAIAN yang marak terjadi belakangan tentu membuat keprihatinan tersendiri. Apalagi jika dilihat pada usia perkawinannya, juga masih tergolong baru.

Pasangan menikah (Foto: TIARAnews.com)
Hal ini pun seperti yang dituturkan oleh psikolog Fredrick Dermawan Purba. Pria yang menjadi Dosen Muda Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran, Bandung itu tak memungkiri kalau usia pun menentukan kasus perceraian pasangan suami-istri terjadi.

“Yang pasti, 5 tahun pertama pernikahan biasanya bisa dikatakan rawan perceraian. Di Pengadilan Agama itu termasuk jumlah perceraian yang cukup tinggi,” tuturnya saat dihubungi TIARAnews.com via telefon seluler, belum lama ini.

Tentunya kerawanan ini terjadi karena pasangan sat itu mengalami proses penyesuaian.

“Mahzab penyesuaian, ada setiap orang lahir dengan latarbelakang tertentu dan kemudian bersatu dalam mahligai pernikahan. Begitu masuk pernikahan, situasinya lebih rumit, ada tanggung jawab seperti seksual, keluarga, finansial,” terangnya.

Oleh karena itu, pemilik akun twitter @bangjeki tersebut mengatakan, sebelum menikah hendaknya melalui proses pengenalan yang lebih dalam. Misalnya saja, seperti pacaran. Sebab pada masa tersebut, pasangan bisa saling mengenal pribadi masing-masing.

“Masa pacaran bisa membantu, untuk menyesuaikan, saling mengenal,” tutupnya. (tty)

Rating:  Jumlah yang telah berhasil: 417.980 orang
Share this article :
 
Support : Creating Website | Tiarma Template | TIARMAnews
Copyright © 2012. TIARAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by TIARMAnews
Proudly powered by Blogger